Unit Pengelola Dana Pensiun
Universitas Muhammadiyah Malang
Unit Pengelola Dana Pensiun
Universitas Muhammadiyah Malang

Tujuan

 COMPANY PROFILE DANA PENSIUN PEGAWAI UMM

Rintisan Dana Pensiun Pegawai Universitas Muhammadiyah Malang sudah dilakukan sejak tahun 90an. Diawali dengan mengikutsertakan semua pegawai dalam asuransi jiwa. Kenaikan pendapatan tiap tahun yang terus berkembang menyebabkan nilai asuransi yang diterima tidak sebanding dengan nilai uang saat nanti. Pimpinan UMM mencari solusi untuk menjamin kesinambungan penghasilan yang layak setelah memasuki masa purna tugas, maka dibentuklah tim untuk menangani pendirian Dana Pensiun.

Berdasarkan Surat Nomor : E.I.a/438/UMM/V/2006 tanggal 10 Mei 2006 dan Nomor : E.5.a/993/UMM/XI/2006 tanggal 23 Nopember 2006, Rektor Universitas Muhammadiyah Malang selaku Pendiri Dana Pensiun Pegawai UMM  telah mengajukan permohonan pengesahan Peraturan Dana Pensiun Pegawai UMM. Peraturan Dana Pensiun tersebut telah mendapat pengesahan dari Menteri  Keuangan Republik Indonesia dengan Surat Keputusan Nomor : KEP – 008 / KM.10 / 2007. Dan pembentukan Dana Pensiun telah memenuhi persyaratan berdasarkan Undang-undang Nomor 11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun dan peraturan pelaksanaannya.
Maksud dan Tujuan
Maksud pembentukan Dana Pensiun adalah :

1.   Menyelenggarakan Program Pensiun Manfaat Pasti, dengan tujuan memberikan kesinambungan penghasilan bagi Peserta, Janda/Duda, dan Anak,

2.    Menghimpun dan mengelola dana untuk meningkatkan kekayaan Dana Pensiun,

3.     Meningkatkan kesejahteraan Peserta dihari tua

Kekayaan Dana Pensiun :

1. luran Pemberi Kerja

2. luran Peserta

3. Hasil Pengembangan Dana

Tugas Dapen :
Dengan berlandaskan Undang-undang Dana Pensiun Nomor 11 tahun 1992, Peraturan Pemerintah Nomor 76 tahun 1992 tentang Dana pensiun pemberi Kerja dan Keputusan Menteri Keuangan Nomor : 510 tentang Pendanaan dan Solvabilitas Dana Pensiun Pemberi Kerja serta Nomor 511 tentang Investasi Dana Pensiun, pengelolaan kekayaan Dana Pensiun dilaksanakan Pengurus sesuai arahan investasi yang digariskan Pendiri dan ketentuan tentang investasi yang ditetapkan dalam Undang-undang Dana Pensiun dan peraturan pelaksanaannya. Prinsip dalam berinvestasi dilakukan dengan berpedoman pada Undang undang Dana Pensiun dengan perolehan hasil yang optimal dengan risiko yang minimal. Pada saat Peserta Aktif memasuki masa pensiun maka Dana Pensiun melaksanakan pembayaran Manfaat Pensiun yang berasal dari luran dan Pengembangannya selama Peserta masih aktif mengiur. Hak Peserta adalah memperoleh Manfaat Pensiun yang dibayarkan secara berkala kepada Pensiunan atau Janda/Duda atau Anak dengan cara yang ditetapkan dalam Peraturan Dana pensiun. Perhitungan Kewajiban pembayaran Manfaat Pensiun tersebut sampai seluruh hak Pensiun dipenuhi, dilakukan oleh Aktuaris dalam Valuasi Aktuaria. Pelaksanaan Valuasi Aktuaria dilakukan secara berkala.
Dana Pensiun dalam melakukan pembayaran Manfaat Pensiun dituntut untuk memberikan pelayanan yang mudah dan cepat dengan pembayaran yang tepat waktu, tepat jumlah dan tepat orang. Dengan berlandaskan Undang-undang Dana Pensiun Nomor 11 tahun 1992, Peraturan Pemerintah Nomor 76 tahun 1992 tentang Dana pensiun pemberi Kerja dan Keputusan Menteri Keuangan Nomor : 510 tentang Pendanaan dan Solvabilitas Dana Pensiun Pemberi Kerja serta Nomor 511 tentang Investasi Dana pensiun, pengelolaan kekayaan Dana Pensiun dilaksanakan Pengurus sesuai arahan investasi yang digariskan Pendiri dan ketentuan tentang investasi yang ditetapkan dalam Undang-undang Dana Pensiun dan peraturan pelaksanaannya. Prinsip dalam berinvestasi dilakukan dengan berpedoman pada Undang undang Dana Pensiun untuk memperoleh hasil yang optimal dengan risiko yang minimal. Pada saat Peserta Aktif memasuki masa pensiun maka Dana Pensiun melaksanakan pembayaran Manfaat Pensiun yang berasal dari luran dan Pengembangannya selama Peserta masih aktif mengiur. Hak Peserta adalah memperoleh Manfaat Pensiun yang dibayarkan secara berkala kepada Pensiunan atau Janda/Duda atau Anak dengan cara yang ditetapkan dalam Peraturan Dana pensiun. Perhitungan Kewajiban pembayaran Manfaat Pensiun tersebut sampai seluruh hak Pensiun dipenuhi, dilakukan oleh Aktuaris dalam Valuasi Aktuaria. Pelaksanaa Valuasi Aktuaria dilakukan secara berkala. Dana Pensiun dalam melakukan pembayaran Manfaat Pensiun dituntut untuk memberikan pelayanan yang mudah dan cepat dengan pembayaran yang tepat waktu, tepat jumlah dan tepat orang.
Mulai berdiri sampai dengan tahun 2012 perkembangan peserta dan pensiunan adalah sebagai berikut:
Sampai dengan Desember 2012 peserta aktif terdiri dari:

Keterangan

Per 31/12/07

Per 31/12/08

Per 31/12/09

Per 31/12/10

Per 31/12/11

Per 31/12/12

Peserta Aktif awal

528

528

526

535

561

554

Peserta Baru

0

2

13

38

0

44

Pensiun ditunda

0

(1)

0

(1)

(2)

(4)

Peserta Pensiun

0

0

(4)

(4)

(5)

(6)

Peserta Keluar

0

0

0

(6)

0

(1)

Pensiun <3 tahun

0

(3)

0

(1)

0

0

Peserta Aktif akhir

528

526

535

561

554

587

Shared: