Unit Pengelola Dana Pensiun
Universitas Muhammadiyah Malang
Unit Pengelola Dana Pensiun
Universitas Muhammadiyah Malang

Forum Tanya Jawab 2

1. Apakah manfaat pensiun yang diperoleh menyesuaikan dengan kenaikan gaji?
Jawaban :
Tidak, karena manfaat pensiun yang diperoleh dihitung berdasarkan Penghasilan Dasar Pokok (PhDP) yang ditentukan oleh Pendiri, dalam hal ini adalah Universitas Muhammadiyah Malang. Perlu kami sampaikan bahwa saat ini PhDP perhitungan manfaat pensiun adalah gaji pokok tahun 2009.

2. Apabila pada waktu mendaftar sebagai Peserta ybs telah kawin dan mempunyai 3orang anak, apakah istri dan anak-anak tersebut dapat didaftarkan sebagai istri dan anak yang pada waktunya berhak atas Manfaat Pensiun Janda dan Manfaat Pensiun Anak?
Jawaban :
Yang dimaksud Istri & Anak disini adalah Istri & Anak dari Peserta yang sah menurut peraturan perundangan yang berlaku, dan telah didaftarkan ke Dana Pensiun sebelum Peserta Aktif meninggal dunia atau pensiun.
Sesuai PDP BPD Aceh, Manfaat Pensiun Janda dibayarkan seumur hidup, kecuali apabila Janda tersebut menikah lagi, maka Manfaat Pensiunnya dibayarkan kepada Anak. Manfaat Pensiun Anak wajib dibayarkan sampai Anak mencapai usia 21 tahun. Setelah berusia 21 tahun dilanjutkan sampai Anak mencapai usia 25 tahun dengan ketentuan : masih sekolah, tidak mempunyai penghasilan sendiri, dan belum pernah menikah. Kalau Anak Cacat sebelum batas usia tersebut, dibayarkan sampai Anak menikah atau meninggal dunia.
Ketentuan PDP Aceh ini mengacu pada UUDP Pasal 22 ayat (2), Pasal 25 ayat (2), PP 76 Th 1992 Pasal 29 ayat (2), (3), (4), dan Keputusan Menteri Keuangan 343 Th 1998 Pasal 27.

3. Apabila Janda/Duda telah menerima pembayaran Manfaat Pensiun bulanan dan tidak kawin lagi, apakah nilai sekarang Manfaat Pensiun yang belum dibayarkan dapat dibayarkan secara sekaligus?
Jawaban :
Hal ini tidak serta merta dapat dilakukan, karena untuk dapat melakukannya harus dipenuhi persyaratan sebagai berikut:
  • Janda/Duda tersebut telah menerima Manfaat Pensiun bulanan sebelum tanggal 5 Oktober 2005
  • Besarnya Manfaat Pensiun per bulan Rp 750.000,-
  • PDP memuat ketentuan tentang dapat dibayarkannya Manfaat Pensiun dimaksud secara sekaligus.
Ketentuan tersebut ditetapkan dalam Peraturan Menteri Keuangan No 91/PMK.05/2005 tanggal 5 Oktober 2005 Pasal 13 ayat (3), dan (4). Oleh karena itu bagi pensiunan Peserta, Janda/Duda atau Anak yang telah pensiun sebelum tanggal 5 Oktober 2005, apabila persyaratan tersebut dipenuhi, maka nilai sekarang dari Manfaat Pensiun yang belum dibayarkan dapat dibayarkan secara sekaligus.
Bagi Peserta yang pensiun setelah tanggal 5 Oktober 2005, apabila Manfaat Pensiun yang akan dibayarkan Rp 750.000, maka nilai sekarang dari Manfaat Pensiun dapat dibayarkan secara sekaligus, sepanjang dalam PDP memuat ketentuan tentang dapat dibayarkannya Manfaat Pensiun tersebut secara sekaligus. Ketentuan ini diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan No 91/PMK.05/2005 tanggal 5 Oktober 2005 Pasal 13 ayat (1), dan (4).

4. Apabila Janda/Duda kawin lagi dan tidak meninggalkan Anak yang berhak atas Manfaat Pensiun apakah pembayaran Manfaat Pensiunnya dapat dihentikan?
Jawaban :
Namun kewajiban dan tanggung jawab Dana Pensiun tidak berakhir dan selesai sampai disitu. Dana Pensiun masih harus memperhatikan perbandingan besarnya akumulasi iuran peserta dan hasil pengembangannya dengan akumulasi seluruh pembayaran Manfaat Pensiun kepada pihak yang berhak atas Manfaat Pensiun. Apabila akumulasi iuran Peserta dan hasil pengembangannya lebih besar, maka Dana Pensiun berkewajiban membayarkan selisihnya secara sekaligus kepada ahli waris dari Peserta. Hal ini berdasarkan PDP BPD Aceh Pasal 35 butir 4, yang mengacu pada PP 76 Th 1992 Pasal 32 ayat (1).
Shared: