Unit Pengelola Dana Pensiun
Universitas Muhammadiyah Malang
Unit Pengelola Dana Pensiun
Universitas Muhammadiyah Malang

Tech Tat, Tatto Kontemporer yang Bisa Memantau Kesehatan

Author : Administrator | Selasa, 01 Desember 2015 13:45 WIB

Tech Tat memiliki kemampuan untuk mengukur suhu tubuh, denyut jantung, tekanan darah dan mendeteksi apakah pemakainya sedang stres.

Tech Tat, Tatto Kontemporer yang Bisa Memantau Kesehatan
Tech Tat, tato temporer yang berfungsi sebagai pemantau kesehatan. (Intisari Online/Chaotic Moon)

 

Gadget seperti Apple Watch atau FitBit yang bisa digunakan untuk memantau aktivitas sehari-hari anda memang sedang tren sekarang, tapi jika ingin memonitor kesehatan coba gunakan Tech Tat, tato temporer yang berfungsi sebagai pemantau kesehatan untuk Anda.

Tato yang bernama Tech Tat ini dilengkapi dengan pengontrol mikro dan lampu LED dan dibuat dengan cat konduktif dan kompenen lain yang memungkinkan tato temporer ini untuk menghimpun, menyimpan, mengirimkan dan menerima data-data dari tubuh manusia. Tech Tat memiliki kemampuan untuk mengukur suhu tubuh, denyut jantung, tekanan darah dan lainnya, tato ini bisa mendeteksi apakah pemakainya sedang stres atau tidak dengan melihat dari denyut jantung, dan tingkat hidrasi.

Eric Schneider dari Chaotic Moon, perusahaan perancang software yang membuat Tech Tat mengatakan bahwa Tech Tat mampu menghimpun informasi tanda-tanda awal demam, denyut jantung, dan bahkan data-data kartu kredit dan kartu identitas. Sementara CEO Chaotioc Moon, Ben Lamm menambahkan, Tech Tat bisa menyimpan dan mengunggah data kesehatan seperti Apple Watch, dan mengirimkannya pada staf medik.

Disamping kegunannya untuk memantau kesehatan secara umum, tim pembuat Tech Tat juga memikirkan penggunaan Tech Tat dalam dunia militer, di mana tato temporer ini bisa digunakan untuk mendeteksi racun di udara, patogen di dalam tubuh dan kemampuan untuk mengindentifikasi apakah tentara yang meamakainya terluka.

Tech Tat juga bisa digunakan untuk melacak lokasi, misalnya untuk melacak keberadaan anak Anda saat berada di taman bermain atau di tempat ramai.

Saat ini, Tech Tat masih dalam bentuk prototip, tapi Lamm mengatakan bahwa saat ini sedang ada pembicaraan dengan pihak lain untuk peluncuran Tech Tat.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image